Pengendalian kualitas suatu produk menjadi kunci yang utama dalam pengaruh kemajuan perusahaan agar meminimalkan produk yang mengalami kerusakan dalam memproduksikan suatu produk dan mendapatkan kepuasan dari pelanggan. Proses produksi yang mengutamakan kualitas produk akan menghasilkan produk yang bebas dari kerusakan. Oleh karena itu kualitas yang baik akan tercapai dari proses yang baik dan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan berdasar dari riset keinginan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengendalian kualitas terhadap produk dilakukan melalui kegiatan inspeksi/pemeriksaan, seperti Check Sheet, Histrogram, Peta Kendali (P-Chart), Diagram Sebab-Akibat (Fishbone), Rekomendasi/Usulan Perbaikan Kualitas. Hasil penelitian kualitas produk selalu dalam` batas aman dan tidak ada titik yang berada di luar batas kendali. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa, proses produksi tetap terkendali dan tidak ada penyimpanan. Penelitian lebih lanjut dilakukan menggunakan histogram yang menunjukkan terdapat kerusakan produk sebanyak 103 pcs dari 2.079.
Copyrights © 2024