Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 3 No. 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Eksplanasi Sejarah dan Implikasinya Dalam Pengembangan Model Pembelajaran SKI Untuk MI

Nur Saidah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Artikel ini menjelaskan ten tang penjelasan/eksplanasi sejarah dan implikasinya dalam pengembangan model pembelajaran SKI di MI. Sebagai ilmu pengetahuan yang independen, sejarah memiliki metodologi yang berbeda. Karenanya, penjelasan sejarah berbeda dengan penjelasan ilmiah lainnya, meskipun secara konseptual mengadopsi teori sosial dan ilmu alam untuk mendukung penjelasannya. Kaidah-kaidah penjelasan sejarah meliputi; regularity, generalisasi, inferensi statistik, periodisasi, sejarah naratif dan multi interpretasi berimplikasi pada pengembangan model pembelajaran SKI di MI yang menuntut pendidik/guru memilih model pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Sebab penjelasan sejarah merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang memungkinkan guru memberikan materi pembelajaran mentah sehingga siswa harus dilibatkan untuk meracik, meramu, dan merakit pengetahuannya sendiri hingga ia mampu berfikir kritis dan menghayati nilai-nilai dari penjelasan sejarah yang dipelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan saat ini adalah Contextual Teaching and Learning karena model ini bersifat holistikyang melihat peserta didik tidak hanya dari sisi psikologi tetapi juga sosial dan neurofisik. Model ini juga mensyaratkan adanya pembelajaran yang integral, menyatukan pengalaman belajar di kelas dengan pengalaman sehari-hari peserta didik. Bottom of Form

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...