Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 5 No. 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Kreativitas Guru Pembelajaran Sains Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat Dasar

Dian Noviar (Pendidikan Biologi Fakultas Sain dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-postfacto kausal komparatif, dan bertujuan mengungkapkan perbedaan tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran sains terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif dan afektif. Sampel penelitian ini adalah 5 guru sains biologi kelas VII dari 4 sekolah menengah pertama di Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, DIY. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada kategori kurang baik, hasil belajar peserta didik pada aspek afektifpada kategori cukup baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan tingkat kreativitas guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar kognitif dan aspek afektif peserta didik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...