Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 5 No. 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pembelajaran Sains di MI untuk Membentuk Peserta Didik yang Humanistik Religius

Moh. Agung Rokhimawan (Faklutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Terjadi perkembangan sains yang cepat dan canggih di abad 20, bahkan produk-produk teknologi di abad ini membuat perkembangan sains semakin cepat dimasa depan. Proses pembelajaran, pengajar haruslah memusatkan perhatiannya kompetensi pada peserta didik.Pembelajaran sains yang bagaimana yang dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang humanistik religius?. Pembelajaran Sains itu humanisme dan religius jika pendidik menggunakan dan menerapkan pendekatan SETS yang terdapat tujuh komponen utama, yaitu: konstruktivisme, penyelidikan, bertanya, masyarakat be/ajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Intisari dari ajaran Islam adalah Tauhid.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...