Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 6 No. 2 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Implementasi Kurikulum Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Di SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta

Laelatu Rohmah (Faklultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan alokasi penelitian di SDIT Lukman Hakim Internasional Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan siklus reduksi data, display data, dan verifikasilkesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Living Skills adalah keterampilan yang di butuhkan untuk beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari: (2) Learning- skills adalah keterampilan yang digunakan agar selalu mengembangkan diri melalui proses be/ajar yang berkelanjutan; (3) Thinking skills adalah keterampilan yang dibutuhkan pada saat berpikir untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Implementasi kurikulum berbasis ESD dan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangs a tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Guru dan sekolah mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan tersebut kedalam kurikulum, silabus dan RPP.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...