Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Kegunaan Melalui Penerapan Metode Make A Match

Suratiyem Suratiyem (Sekolah Dasar Negeri Pungsari Plupuh, Sragen)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa sehingga prestasi be/ajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kenaikan. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil be/ajar IPA bidang energi listrik. Penelitian dilakukan selama empat bulan dan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pungsari 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Obyek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan populasi 16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode makeĀ· a match bidang pembelajaran IPA. Pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi,praktek langsung dan interview. Penelitian ini dlakukan melalui dua siklus, dan make a match sebagai metode pendekatannya. Hasil penelitian dimulai dari kondisi awal (siklus I) dan kondisi akhir (siklus II). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada motivasi maupun rata-rata nilai IPA. Nilai motivasi 65,5 menjadi 81,3 dan nilai rata-rata IPA pada kondisi siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 73,4, proses pembelajaran diorentasikan pada trend peningkatan proses pelajaran IPA.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...