Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Analisis Swot Kurikulum Prodi PGMI Menyongsong Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2038 Yang Bervisi Integrasi-Interkonektif

Mohamad Agung Rokhimawan (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan data lulusan prodi PGMI yang terserap di dunia kerja dan industri at au tempat lulusan bekerja, baik di level S-1 dan S-2. Selain itu, untuk membuat Ana/isis SWOT pengembangan Kurikulum Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan menemukan kelebihan serta kekurangan kurikulum sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah Mixmetode Sequensial Explanatory, dengan dua tahap (kualitatif, dan kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan prodi PGMI S-1 dan S-2 terserap pada dunia kerja sebesar 92 %, dan sisanya 8% sebagai IRT (ibu rumah tangga) ataupun pada mas a panggilan kerja. Perkembangan prodi PGMI terbagi atas 5 tahap, yaitu tahap peletakan manajemen kelembagaan modern, mas a penguatan & ekspansi kelembagaan, masa maturasi, masa eksistensi, oleh basis keilmuan PGMI; bahan ajar standar PGMI; buku wajib untuk MI; kurikulum Sl, S2, dan S3; seminar nasional dan internasional; Iomba karya ilmiah; pelatihan penelitian; penulisan di media massa; data-based tentang MI.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...