Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 8 No. 1 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidik Terhadap Motivasi Belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang

Fitri Yuliawati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data utama menggunakan metode angket. Sebagai pendukung data utama menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dilanjutkan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,925 > 1,687), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...