Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 8 No. 2 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Korelasi antara Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016

Nisfi Anisah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Membaca merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan erat dengan berbagai aspek pengetahuan, baik pengetahuan tentang ilmu sosial maupun sains. Bahkan membaca merupakan salah satu aspek ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dalam standar isi Madrasah Ibtidaiyah yang menyatakan bahwa “Yang diharapkan pada akhir pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra”. Namun, bagi sebagian siswa MIN Wonosari membaca adalah suatu hal yang dianggap membosankan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi. serta observasi dan wawancara untuk mendukung data sekunder. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan persentase 67,6%, (2) prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 64,9%, (3) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar sebesar rxy = 0,724 dan diperoleh persamaan regresi Y= 47,985 + 0,632 (X). 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...