Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta

Nunung Paryati (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Fitri Yuliawati (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakaninstrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris meggunakan program IBM SPSS Statistic 22 dengan analisis korelasi bivariat dan menggunakanrumus Product Moment Correlation. Populasinya yakni peserta didik kelas V dan sampelnya peserta didik kelas VC dengan pengambilan sampel teknik Simple Random Sampling di SD MuhammadiyahCondongcatur Sleman Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan yakni dengan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017 terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria sangat tinggi terdapat 7 peserta didik atau sebanyak 19,44%, kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%, kriteria sedang terdapat 16 peserta didik atau sebanyak 44,44%, kriteria rendah terdapat 3 peserta didik atau sebanyak 8,33% dan kriteria sangat rendah terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%.Kata kunci: PISA, Kemampuan Literasi Sains, SD MuhammadiyahCondongcatur

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...