Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepraktisan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan keefektifan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa SMA Islam Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara. Subjek penelitian ditetapkan berdasarkan kebutuhan pengembangan desain pembelajaran. Produk yang didesain divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Dalam penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran buku guru dan buku siswa yang telah divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Rata-rata skor validasi untuk buku guru adalah 3,46 kategori layak dan rata-rata skor validasi untuk buku siswa adalah 3,48 kategori layak. Untuk pengujian kelayakan terhadap buku siswa, kelompok kecil dan kelompok besar yaitu 0,85 kategori sangat layak, untuk tingkat kepraktisan 3,29 kategori praktis sehingga dengan demikian produk pengembangan ini praktis untuk digunakan dalam pembelajaran, untuk efektivitas dinilai efektiv terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga t hitung 4,26 lebih tinggi dari pada t tabel 1,99 dengan N-Gain 0,38 kategori sedang.
Copyrights © 2023