Kinerja unit ramp handling berperan penting dalam hal pelayanan ketepatan waktu keberangkatan pesawat dengan tujuan untuk mencapai ground time. Jika ground time selama di darat melebihi waktu penanganan atau over ground time yang ditetapkan oleh PT. Menara Angkasa Semesta, maka kinerja dari unit ramp handling harus meningkatkan kinerja agar target ground time bisa terus tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja ramp handling dan mengetahui kendala dalam pelaksanan kerja unit ramp handling dalam mencapai ground time. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix methods) dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Dalam pengumpulan datanya, metode kualitatif memakai data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara, dan observasi, serta data sekunder berupa dokumentasi. Sedangkan metode kuatitatid memakai data kuesioner. Data kuesioner diperoleh dari 10 sampel yaitu seluruh karyawan Wings Air di Bandar Udara I Lagaligo Bua. Teknik analisi data penelitian ini memakai analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja unit ramp handling pada maskapai Wings Air di Bandar Udara I Lagaligo Bua sudah cukup baik tetapi harus ditingkatkan lagi. Hal ini dilihat dari seluruh kegiatan dilakukan oleh unit ramp handling sudah mengacu pada procedure yang ada. Dalam mencapai ground time, unit ramp handling pastinya mengalami beberapa kendala. Adapun kendala dalam pelaksanaan kerja unit Ramp Handling dalam mencapai Ground Time yaitu penumpang yang terlambat datang, kendala teknikal dan cuaca, jam kedatangan pesawat yang tidak sesuai jadwal.
Copyrights © 2024