Proses penanganan special cargo yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura Logistik pada Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang berpedoaman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Namun, terdapat ketidaksesuai yang terkait penanganan dari special cargo dengan prosedur yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realisasi dari penanganan special cargo, hambatan dalam penanganan special cargo, dan upaya dalam menghadapi hambatan dalam penanganan special cargo outgoing pada PT Angkasa Pura Logistik Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, proses pengumpulan data didapatkan melalui wawancara kepada petugas, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan enam orang narasumber dari PT Angkasa Pura Logistik. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa penanganan special cargo outgoing oleh PT Angkasa Pura Logistik belum terealisasi dengan baik. Terdapat satu penanganan yang terlewatkan oleh petugas dalam menanganni special cargo. Dalam penanganan special cargo outgoing hambatan yang muncul adalah saat petugas harus lebih teliti untuk mencari special cargo yang akan berangkat dan petugas yang harus membatu memperbaiki atau memberitahukan kepada pihak EMPU jika terdapat kerusakan kemasan. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut adalah dengan cara membangun komunikasi dan koordinasi antara petugas dengan petugas, petugas dengan pihak EMPU pengirim, maupun petugas dengan pihak airlines.
Copyrights © 2024