GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 2 No 02 (2024): APRIL 2024

PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN BANTUAN METODE SUGESTOPEDIA

Cahyo Hasanudin (IKIP PGRI Bojonegoro)
Ayu Fitrianingsih (IKIP PGRI Bojonegoro)
Meiga Ratih Tirtanawati (IKIP PGRI Bojonegoro)
Bintang Puspita Sari (IKIP PGRI Bojonegoro)
Nabila Ulfaida (IKIP PGRI Bojonegoro)
Dwi Setiawan (IKIP PGRI Bojonegoro)
Ali Noeruddin (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Teks tanggapan merupakan jenis tulisan yang mengemukakan opini, pendapat, atau tanggapan pribadi terhadap suatu topik atau teks yang telah dibaca. Kemampuan dalam menulis teks tanggapan penting sekali dimiliki oleh siswa sekolah menengah pertama. Oleh karena itu, tujuan dalam pengabdian ini adalah ingin melakukan pendampingan kepada siswa sekolah menengah pertama dalam menulis teks tanggapan dengan bantuan metode suggestopedia. Metode pelaksanaan pengabdian ini dimulai dari prapengabdian, kegiatan inti, dan pascapengabdian dengan melibatkan seluruh kelas IX siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode suggestopedia di dalam pembelajaran menulis teks tanggapan dapat dimulai dengan langkah 1) ice breaking, 2) tahap konser awal, 3) tahap konser akhir, dan 4) praktik. Simpulan di dalam penelitian ini adalah keempat langkah ini terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, membangun keyakinan siswa, mengulang materi dengan suasana santai, dan memberikan kesempatan praktik dalam menulis teks tanggapan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...