Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa kelas VII SMPN 10 Kendari; Metode penelitian ini adalah penelitian deeskriptif pada hasil belajar matematika berdasarkan kemandirian belajar peserta didik. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar dan tes hasul belajar matematika. Adapun analisis data yang digunakan adalah anlisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini di simpulkan bahwa 1) Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di peroleh persentase untuk indikator memiliki keinginan belajar 81,20% (kategori sangat tinggi), 2) Menganalisis kebutuhan belajar 86,17% (kategori sangat tinggi), 3) Memiliki tujuan yang jelas 83,15% (kategori sangat tinggi), 4) Mengibaratkan kesulitan sebagai tantangan dengan memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan 82,50% (kategori sangat tinggi), 5) Menentukan dan melaksanakan strategi belajar 84,07% (kategori sangat tinggi), 6) Mengevaluasi proses hasil belajar matematika 82,96% (kategori sangat tinggi), dan persentase keseluruhan indikator sebesar 83,86% yang termaksud kategori sangat tinggi dan kategori baik.
Copyrights © 2024