BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Nindy Profithasari (Universitas Lampung)
Frida Destini (Universitas Lampung)
Dela Nowinda Citra (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Masalah pada penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran IPA. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel 50 siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...