Maharaat Lughawiyyat
Vol 1 No 1 (2022): Maharaat Lughawiyyat

PENGARUH PENGGUNAAN METODE CAMPURAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSS NURUL FALAH ACEH

Nisa Urrahmah (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Metode Intiqaiyyah diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Campuran dalam pembelajaran di MTsS Nurul Falah. Tulisan ini menggunakan metode Quasy Eksperiment Design. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik “The non equivalen Pre-Test Post-Test Design”, menggunakan Pre Tes dan Post Test. Alat penelitian yang digunakan adalah Pilot Study. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Uji Validitas, Uji Reabilitas dan Uji Daya Beda Soal. Analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Paired Simple Test dan Uji Independent Simple Test yang dilakukan melalui Program SPSS 24. Adapun hasil uji T-Test pada penelitian ini memperoleh hasil –2,068 dengan memiliki tingkat Sig. (2-tailed) (0,050< 0,000) yang sama, artinya dengan diterapkannya Metode Intiqaiyyah mempuyai pengaruh yang besar pada kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPBA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit empat kali dalam ...