Maharaat Lughawiyyat
Vol 1 No 3 (2022): Maharaat Lughawiyyat

فعالية طريقة المزاوجة (Make a Match) في تعليم مهارة الكلام لطالبات الصف عشر في المدرسة البهجة الإسلامية الثانوية القرآنيّة شربون

Fijriyanti Qurrotu Aini (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dari hasil Pembelajaran Bahasa Arab khusunya Keterampilan Berbicara bagi siswa yang menggunakan Metode Make A Match atau tidak di SMA IQu Al-Bahjah Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode Eksperimen dengan jenis Pre- Eksperimental Design One Group Pre-test dan Post-Test. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes (pre-test dan post-test), dokumentasi dan Observasi. Hasil dari riset yang didapat adalah : bahwa Metode Make A Match efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa arab khususnya dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan menggunakan metode Make a Match ini siswa merasa lebih semangat dan aktif dalam pembelajaran khusunya dan ketetampilan berbicara. Rata-rata skor hasil ujian maharah kalam siswa pada kelompok kontrol hanya 88,95 dan pada kelompok eksperimen sebesar 82,33 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan efektifitas metode pembelajaran konvensional dengan efektivitas metode pembelajaran Make A Make A Match dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam. This article aims to find out whether there are differences from the results of learning Arabic, especially speaking skills for students who use the make a match method or not at SMA IQu Al-Bahjah Cirebon. The research method used in this study is to use the Experimental Method with the type of Pre-Experimental Design One Group Pre-test and Post-Test. While the methods used in data collection are tests (pre-test and post-test), documentation and observation. The results of the research obtained are: that the Make A Match Method is effectively used in Arabic learning, especially in improving students' speaking skills. By using this Make a Match method, students feel more enthusiastic and active in their special learning and speech performance. The average score of students' maharah exam results in the control group was only 88.95 and in the experimental group it was 82.33 with a significance of 0.000. which means that there is a difference in the effectiveness of conventional learning methods with the effectiveness of the Make A Make A Match learning method in improving the ability of the kalam maharah. Keywords: Make A Match Method, Speaking Skills.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPBA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit empat kali dalam ...