Maharaat Lughawiyyat
Vol 1 No 4 (2022): Maharaat Lughawiyyat

استخدام بطاقة الصور في تعليم مهارة الكلام لطلاب الفصل التاسع بمدرسة المتوسطة الإسلامية (YKHS) Yayasan Kyai Haji Mohammd Kholil Satriya بانجكالان

Nuril Asrof (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penggunaan Kartu Bergambar dalam Pembelajaran Maharah Kalam pada Kelas 9 MTs Yayasan Kyai Haji Mohammd Kholil Satriya (YKHS) Bangkalan. Metode peneliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Lapangan. Tehnik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil yaitu: (1) Penggunaan kartu bergambar ini dilaksanakan selama enam pertemuan yang terdiri dari 3 langkah meliputi pengenalan mufrodat yang tertera, guru melafalkan mufrodat dan siswa menirunya, kemudian guru meminta 3-4 orang siswa untuk melakukan khiwar sesuai dengan pilihan mufrodat dalam kartu bergambar tersebut. (2) Kelebihan dari media kartu bergambar ini adalah memudahkan siswa dalam memahami pesan yang disampaikan melalui kartu dan merupakan terobosan media baru yang berperan dalam menciptakan situasi maupun kondisi pembelajaran yang menarik dan komprehensif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPBA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit empat kali dalam ...