Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penggunaan Kartu Bergambar dalam Pembelajaran Maharah Kalam pada Kelas 9 MTs Yayasan Kyai Haji Mohammd Kholil Satriya (YKHS) Bangkalan. Metode peneliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Lapangan. Tehnik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil yaitu: (1) Penggunaan kartu bergambar ini dilaksanakan selama enam pertemuan yang terdiri dari 3 langkah meliputi pengenalan mufrodat yang tertera, guru melafalkan mufrodat dan siswa menirunya, kemudian guru meminta 3-4 orang siswa untuk melakukan khiwar sesuai dengan pilihan mufrodat dalam kartu bergambar tersebut. (2) Kelebihan dari media kartu bergambar ini adalah memudahkan siswa dalam memahami pesan yang disampaikan melalui kartu dan merupakan terobosan media baru yang berperan dalam menciptakan situasi maupun kondisi pembelajaran yang menarik dan komprehensif.
Copyrights © 2022