Peningkatan minat terhadap wisata glamping di Indonesia menuntut adanya inovasi dalam sistem reservasi yang efisien dan user-friendly. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile reservasi berbasis web dan mensosialisasikan agar membantu meningkatkan layanan dan mengembangkan sociopreneur di Wisata Glamping Gubug Marawati. Metode yang digunakan meliputi survei kepada pengguna aplikasi reservasi mobile dengan fokus pada demografi, preferensi fitur, pengalaman pemesanan, dan masalah teknis. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden berusia 25-35 tahun dengan pendidikan minimal S1 dan memiliki pekerjaan tetap, menginginkan aplikasi yang user-friendly dan mudah diakses. Fitur pencarian informasi, pemesanan online, dan ulasan pengguna paling diminati, sementara integrasi dengan sistem pembayaran digital dan fitur notifikasi dianggap penting. Pengalaman pengguna cukup positif, namun ada keluhan terkait waktu loading dan kegagalan transaksi. Masalah teknis seperti bug dan crash juga sering ditemukan. Kesimpulan menunjukkan bahwa aplikasi mobile yang stabil, responsif, dan informatif dengan dukungan teknis non-stop sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam meningkatkan kualitas layanan wisata berbasis alam dan mendukung kewirausahaan sosial di daerah tersebut.
Copyrights © 2024