Secara umum penelitian ini mempunyai tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan metode Problem Based Learning pada siswa kelas XII AK-1 SMK Negeri 2 Pacitan dan sekaligus untuk mengetahui perkembangan kemampuan belajar setelah diterapkannya Problem Based Learning. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2006 yang dikembangkan sekarang adalah Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning). Pembelajaran ini berfungsi untuk merangsang siswa untuk berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah baik yang dihadapi secara nyata maupun telaah kasus sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai.Pelaksanaan tindakan dilakukan pada semester 1 pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2011 pada tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pacitan pada siswa kelas XII AK-1. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK-1 dengan jumlah 32 siswa.Hasil evaluasi yang dilakukan diperoleh data sekian permasalahan tersebut diatas pada kegiatan pembelajaran siklus 1 masih berkisar 58,38 % siswa yang mampu dalam proses belajar mengajar dan hasil evaluasi 59% sedangkan pada siklus 2 Dalam aktifitas kegiatan pembelajaran pada siklus 2 telah diketahui bahwa hasil yang dicapai berkisar 73 % hal ini menunjukkan adanya peningkatan, sedangkan kegiatan evaluasi 78 % siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran matemtika dengan kompetensi dasar statistik dengan metode Problem Based Learning dapat ditingkatkan.Kata Kunci ; Peningkatan, prestasi belajar matematika, metode
Copyrights © 2015