Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan pengembangan produk media pembelajaran berbantuan komputer mata pelajaran Fiqih dan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih sesudah menggunakan produk tersebut.Pengembangan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan produk akhir. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara dan tes. Data dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dan tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berbantuan komputer Fiqih termasuk dalam kriteria sangat baik dengan rerata skor 4,30 (dari rentang skor 1â5). Aspek tampilan menunjukkan rerata skor 4,17 dan aspek materi 4,44. Dari aspek motivasi dan manfaat, siswa berpendapat bahwa belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer Fiqih memudahkan, menyenangkan, menarik dan bermanfaat bagi mereka. Hasil pretest dan posttest yang dilakukan pada uji coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan prestasi siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan produk media pembelajaran berbantuan komputer dengan rerata skor 8,5. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih, karena telah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, yaitu jika hasil penilaian uji coba lapangan minimal termasuk dalam kriteria baik, maka produk pengembangan media yang dikembangkan dapat dikatakan valid sebagai media pembelajaran Fiqih.
Copyrights © 2007