Keterampilan menulis bahasa Arab merupakan keterampilan bahasa yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Kesulitan ini dihadapi oleh  Siswa-siswi SDN Antasan Besar 7 Banjarmasin.  Untuk mengatasi kesulitan ini peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan  portofolio pada pelajaran bahasa Arab khusus dalam keterampilan menulis. Portofolio adalah salah satu sarana untuk belajar yang menekankan pada pendekatan proses dan diupayakan lebih banyak memberikan ruang gerak kepada anak serta menstimulinya agar berlaku aktif, kreatif, dinamik dan inovatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan berdasarkan prosedur penelitian tindakan, yaitu: perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Masing-masing Implementasi yang dilakukan terdiri dari empat kali pertemuan Sedangkan data langsung diperoleh dari dokumentasi dan pengamatan. Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan bahwa 65% siswa dapat meningkatkan kemampuannya  dari aspek membuat kalimat dan 57 % siswa dapat meningkatkan kemampuan dari aspek kebenaran tulisan. Karena di siklus pertama para siswa belum mencapai standar yang ditetapkan yaitu 70 %, maka penelitian dilanjutkan pada siklus kedua. Adapun hasil penelitian pada siklus kedua menunjukkan bahwa 84% siswa dapat meningkatkan kemampuannya  dari aspek membuat kalimat dan 80 % siswa dapat meningkatkan kemampuannya dari aspek kebenaran tulisan. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan portofolio adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis dalam bahasa Arab.
Copyrights © 2007