Jurnal Pendidikan Saintifik
Vol 1, No 1 (2014): Saintifik Juli

PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Anam, Hairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematiak dengan strategi pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Malang. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang, siswa merasa bosan dengan susasana yang kurang menarik karena menggunakan metode ceramah dan akibatnya minat siswa dalam pembelajaran matematika yang rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapakan strategi Think Talk Write pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Malang dengan jumlah siswa ada 25. Pengumpulan data ini dengan metode tes dan metode observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus dan siklus I dan siklus II. setiap akhir siklus dilakukan tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan pada prasiklus diperoleh rata-rata siswa 54,73 dengan siswa yang memperoleh nilai  ≥ 75 adalah 36%, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa 63,36 dengan siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 adalah 52 %, sedangkan siklus II diperoleh rata-rata siswa 82,88 dengan siswa yang memperoleh ≥ 75 adalah 76%.   Kata Kunci: strategi think talk write, hasil belajar

Copyrights © 2014