JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 4, No 5 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL AHASS HONDA

Ade Febiyani (Unknown)
Tedi Rusman (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

The aim of this research was to find out the positive influence of quality service dimension on customer satisfaction at AHASS Honda workshop 10087 at SMKN 2 Bandar Lampung. The population of this research was the customer of AHASS Honda 10087 up SMKN2 Bandar Lampung. The technique of sample taking is accidental sampling was using slovin formula which gets 100 costumer. The method of this research is descriptive verificative by using expost facto and survey. The result of this research showed that there is a positive influence from quality service dimension on customer satisfaction at AHASS Honda 10087 Up SMKN 2 Bandar Lampung. Based on the data analysis,it gets Fcount 246,099 Ftabel2,34 which was shown regresion linier multiple with determination coefficient (r2) 0,929 which means that customer satisfaction is influenced by physic evidence variable (tangibles) , reliability, responsiveness, assurance, and empathy that is 92,9 % , the rest is 7,1 % which is influenced by another factor.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS Honda 10087 Up SMKN 2 Bandar Lampung. Populasi penelitian ini adalah pelanggan bengkel AHASS Honda 10087 Up SMKN 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan meggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 100 konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan expost facto dan survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadapkepuasan pelanggan pada bengkel AHASS Honda 10087 Up SMKN 2 Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 246,099 Ftabel 2,34 yang ditunjukkan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,929 yang berarti kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap , Jaminan, dan Empati, sebesar 92,9%, sisanya sebesar 7,1% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata kunci: bukti fisik, daya tanggap, empati, jaminan, kehandalan, kepuasan pelanggan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...