Jurnal Teknik Sipil
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil

TINJAUAN GEOTEKNIK KERUSAKAN JALAN SUB GRADE TANAH LUNAK TERHADAP PENURUNAN RUAS JALAN AIR BARA - TOBOALI KM 110+500-111+010

Iqbal, Muhammad (Unknown)
Purwana, Yusep Muslih (Unknown)
Surjandari, Niken Silmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2016

Abstract

Abstrak Ruas jalan Air Bara - Toboali terletak di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan mengalami kerusakan berat sepanjang ± 1,00 Km.  Ruas jalan ini  terletak  dilokasi rawa-rawa dengan  karakteristik  sub grade lunak. Ruas jalan ini sebelumnya telah dilakukan dua kali peningkatan struktur yaitu pada tahun 2009 dan 2011 berupa peninggian (rising) lapis pondasi aggregat. Akan tetapi  rising memperparah kerusakan berupa penurunan (settlement), hal ini menyebabkan kondisi badan  jalan mengalami penurunan tidak seragam (differential settlement). Penurunan tanah dasar (sub grade) berakibat buruk terhadap struktur perkerasan jalan, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap besar, derajat konsolidasi dan waktu penurunan. Penelitian di analisis  pada Km 110+500 - 111+500  dengan tiga titik tinjau pada Km 110+780 ,  110 +600 dan Km 111 +010.  Penelitian ini menggunakan data sekunder dan primer.  Parameter penelitian yaitu penampang melintang, tebal rising struktur perkerasan jalan.  Variabel penelitian ini  penurunan  segera dan penurunan konsolidasi guna mendapatkan penurunan total.   Analisis penurunan dimulai tahun 2009  dan 2011 pasca penanganan.  Penurunan konsolidasi akibat adanya rising lapis pondasi aggregat dan perkerasan aspal diatas  konstruksi jalan existing  tanah dasar yang lunak. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini mendapatkan besar penurunan, derajat konsolidasi dan waktu konsolidasi tanpa Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan menggunakan  Prefabricated Vertical Drain (PVD).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan konsolidasi akibat dari rising didapat besar penurunan total untuk tahun 2009  Km 110+780 ,  110 +600 dan Km 111 +010  secara berturut-turut adalah  sebesar 0,184 , 0,181 dan 0,172 m sedangkan  tahun 2011 adalah  0,185, 0,185 dan   0,171 m.  Sedangkan waktu konsolidasi  90 %  tanpa PVD  pada Km 110+780 ,  110 +600 dan Km 111 +010  secara berturut-turut  adalah  501,  549 dan 4600 hari. Untuk mempercepat proses penurunan konsolidasi  dihitung dengan menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dengan pola segitiga jarak spasi 1, 2 m, 1,4 m, 1,6 m dan panjang aliran 10 m. Waktu konsolidasi 90 %, dengan  menggunakan PVD jarak yang paling efektif jarak spasi 1,2 meter secara berturut-turut adalah 15, 15, 110 hari. Kata Kunci:  Konsolidasi, sub grade tanah lunak, Penurunan, Prefabaricated Vertical Drain (PVD)  

Copyrights © 2015