Prosiding Pendidikan Sains
2015: Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains)

APLIKASI PEMBELAJARAN EKTRAKURIKULER KIR BERWAWASAN SETSTERINTEGRASI MATA PELAJARAN UNTUK MEMBANGUN TRADISI ILMIAH SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Khoiriyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2015

Abstract

Dalam rangka menghadapi persaingan ketat di era globalisasi yang serba cepat dan mudahnya penyebaran informasi, perlun adanya upaya menciptakan peradaban yang ilmiah dalam kehidupan di masyarakat. Budaya penelitian memang telah harus dikenalkan kepada para siswa sejak dini. Memupuk budaya penelitian pada kalangan siswa adalah tidak mudah, sehingga perlu strategi khusus untuk membangun tradisi ilmiah siswa.Best Practice berjudul Aplikasi Pembelajaran Ekstrakurikuler KIR Berwawasan SETS Terintegrasi Mata Pelajaran Untuk Membangun Tradisi Ilmiah Siswa di  SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas aplikasi pembelajaran ekstrakurikuler KIR berwawasan SETS Terintegrasi mata pelajaran sehingga mampu membangun tradisi ilmiah siswa.Data yang diperoleh memberikan gambaran bahwa aplikasi wawasan SETS dalam pembelajaran KIR efektif untuk menumbuhkan semangat riset pada kalangan siswa sehingga akan mampu membangun tradisi ilmiah siswa

Copyrights © 2015