Fakultas Ekonomi
Vol 2, No 1 (2016)

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2016

Abstract

Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai sarana penunjang pendidikan dalam pelaksanan tri dharma perguruan tinggi, melakukan kegiatan untuk menyimpan dokumen/ hasil karya atau pengetahuan berupa buku, skripsi, tesis, disertasi, makalah seminar, laporan PKL, serta koleksi lain seperti: 1) buku bacaan wajib, 2) buku teks, 3) buku referensi, 4) karya akhir, 5) tabloid dan majalah yang mencakup bidang subjek tertentu. Selanjutnya dokumen-dokumen tersebut bisa dibaca atau dipinjam oleh pengunjung yang memerlukan pengayaan pengetahuan dengan syarat mengikuti tata cara peminjaman yang dilayani oleh petugas perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui, apakah ada korelasi antara kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung pada Perpustakan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal ini bisa diketahui setelah dilakukan uji hipotesis dari perhitungan data angket para pengunjung dengan menggunakan Program SPSS Versi 17.0, yaitu perhitungan korelasi Pearson (Pearson Correlation). Analisis yang diperoleh, bahwa setelah dilakukan perhitungan berdasarkan instrument dari 95 angket pengunjung tentang kualitas layanan dengan pengunjung perpustakaan, didapatkan nilai korelasi sebesar 0,608 (Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed)), sehingga informasi ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dapat disajikan. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa ada korelasi antara kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung perpustakaan pada Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan nilai korelasi sebesar 0,608 maka arah hubungan menunjukkan arah positif, artinya semakin positif/ baik kualitas layanan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung pada Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi ...