ELECTRANS
Vol 11, No 2 (2012): Volume 11, Nomor 2, Tahun 2012

RANCANG BANGUN SISTEM JARINGAN MULTIDROP MENGGUNAKAN RS485 PADA APLIKASI PENGONTROLAN ALAT PENERANGAN KAMAR HOTEL

Abdus Salam (Departemen Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia)
Mukhidin Mukhidin (Departemen Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia)
Tasma Sucita (Departemen Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2016

Abstract

Umumnya lampu pada kamar hotel masih menggunakan saklar manual, sehingga lampu hanya bisa dioperasikan secara manual. Dengan demikian konsumsi daya listrik tidak bisa terkontrol secara baik, hal ini karena kebiasaan yang kurang disiplin terhadap penggunaan daya listrik. Atas dasar permasaalahan tersebut penulis membuat alat pengontrol lampu kamar hotel yang bisa memonitor lampu pada tiap kamar dan mengendalikannya melalui PC. Alat ini dirancang dengan memanfaatkan komunikasi multidrop RS485 dan mikrokontroler AT89S51 sebagai pengendali utama, dimana PC/komputer berfungsi untuk menampilkan kondisi lampu dan memberikan perintah pada mikrokontroler untuk mengendalikan lampu. Informasi yang diterima oleh komputer dari mikrokontroler diperoleh melalui jaringan multidrop RS485, begitu pula perintah yang diterima mikrokontroler oleh PC diterima melalui jaringan multidrop RS485. Rangkaian terdiri dari dua grup/drop, dimana tiap satu drop mengoperasikan dua buah lampu. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rangkaian ini bekerja dengan baik, hal ini dibuktikan software PC dapat berkomunikasi dengan rangkaian jaringan multidrop RS485 dan lampu dapat dikendalikan oleh PC. Masih terdapat kekurangan pada alat ini yakni terkadang relay yang bertugas menyalakan lampu terkadang masih memiliki selisih waktu dari perintah yang dilakukan software PC.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

electrans

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Menerbitkan makalah-makalah original dalam bidang teknik elektro dan elektronika. Tim redaksi menerima kontribusi yang mendasar untuk pengembangan keilmuan teknik elektro dan aplikasinya, baik hasil riset teoritis ataupun ...