ELECTRANS
Vol 12, No 2 (2013): Volume 12, Nomor 2, Tahun 2013

SCADA UNTUK TWIDO TRAINER MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK WONDERWARE INTOUCH

Rizkika Fitri (Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 207 Bandung 40154)
Erik Haritman (Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 207 Bandung 40154)
Wawan Purnama (Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 207 Bandung 40154)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

Makalah ini memaparkan hasil penelitian pembuatan Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) untuk pembelajaran otomasi industri. Dalam dunia industri SCADA merupakan salah satu komponen yang penting, sehingga sangat diperlukan pembelajaran tentang perancangan SCADA dan PLC. Peralatan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peralatan praktikum bidang keahlian otomasi industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang dikontrol dengan menggunakan programmable logic controller (PLC) Twido TWDLMDA40 DTK yang diprogram menggunakan Twido Soft dan untuk membantu monitoring digunakan perangkat lunak Wonderware Intouch. Dari pengujian yang dilakukan, sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan perencanaan, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa modul latih yang dilengkapi SCADA dapat digunakan pemula untuk meningkatkan pemahaman mengenai PLC dan untuk melatih keterampilan dalam pembuatan program PLC. Diharapkan dengan dilengkapi SCADA sistem, dapat memberikan gambaran lebih nyata tentang proses yang dilakukan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

electrans

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Menerbitkan makalah-makalah original dalam bidang teknik elektro dan elektronika. Tim redaksi menerima kontribusi yang mendasar untuk pengembangan keilmuan teknik elektro dan aplikasinya, baik hasil riset teoritis ataupun ...