Kalkulus Peubah Banyak 2 (KPB 2) merupakan Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan pada Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat. Proses perkuliahan masih menggunakan metode ceramah dan hanya mengacu pada 1 buku teks. Karena buku teks yang digunakan sulit dipahami, akibatnya mahasiswa tidak termotivasi untuk belajar mandiri. Oleh karena itu, dikembangkan modul yang mendukung kemandirian mahasiswa dalam belajar dan dapat memberikan kondisi belajar aktif. Modul yang dikembangkan telah diuji kevalidannya dan kepraktikalitasannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis masalah yang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Tahap yang telah dilakukan adalah tahap define, design, dan develop berupa validitas dan praktikalitas. Tahap develop yang dilakukan berupa efektivitas yaitu aktivitas belajar mahasiswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis masalah untuk perkuliahan KPB 2 efektif karena sudah dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa selama perkuliahan KPB 2
Copyrights © 2015