Penelitian ini focus pada suatu pengembangan model pembelajaran untuk english for specific purposes(ESP) dengan pendekatan kompetensi komunikatif yang mengutamakan pentingnya pendidikan karakter.Ada dua permasalahan penelitian yaitu: a). Masalah apakah yang muncul dalam pembelajaran ESP diperguruan tinggi dan lembaga pendidikan profesi ? dan b) Bagaimana proses pengembangan modelpembelajaran ESP dengan pendekatan kompetensi komunikatif (Communicative competence) berbasispendidikan karakter untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di perguruan tinggi dan lembagapendidikan profesi? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana proses pengambilandata dan penyusunan instrument penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap analisakebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk(Sugiyono, 2010: 409-426). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan dimana para siswa di kelasyang menerapkan model pembelajaran ESP dengan pendekatan komnunikatif berbasis pendidikankarakter lebih terdorong semangatnya untuk belajar bahasa Inggris, lebih berminat pada mata kuliahESP Hospitality dan timbul rasa lebih berani untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.Â
Copyrights © 2015