PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP LAKSAMANA BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Amelia, Fitrah (Unknown)
Siahaan, Ferdinand Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan model pembelajarankooperatif tipe course review horay dengan time token arends terhadap hasil belajarmatematika siswa kelas VIII di SMP Laksamana Batam. Jenis penelitian ini adalahkomparatif atau perbandingan dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laksamana Batam dan sampeldalam penelitian ini adalah kelas VIII-C dengan 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen 1yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan kelas VIII-Edengan 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajarantime token arends. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar.Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Padaselang kepercayaan 95 % dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,069 dan ttabel = 1,992.Rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen 1 adalah 83,55 sedangkan rata-rata hasil tesakhir siswa kelas eksperimen 2 adalah 77,26, karena thitung ttabel berarti hipotesis penelitianini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar yangsignifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model timetoken arends.Kata Kunci: Course Review Horay, Time Token Arends, Hasil Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...