Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching
Vol 3, No 2 (2014)

PERBANDINGAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN METODE PEER TEACHING POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

iis katika (Unknown)
Arif Muchyidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2014

Abstract

Proses pembelajaran merupakan penentu apakah siswa dapat memahami atau tidak tentang materi yang disampaikan. Khususnya dalam bidang matematika, cara mengajar yang diterapkan guru matematika saat ini cenderung kurang kreatif, variatif, dan korektif sehingga, sebagian besar siswa hanya sekedar tahu tentang suatu hal tanpa memahaminya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan metode student facilitator and explaining dengan metode peer teaching pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rajagaluh. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 306 dan sampelnya adalah kelas VIII C yang diterapkan metode peer teaching dan VIII H yang diterapkan metode student facilitator and explaining. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata – rata pemahaman matematika siswa yang diterapkan metode student facilitator and explaining pada saat pre test adalah 23,25 sedangkan pada saat pos test adalah 60,08 dengan N-Gain sebesar 49,28. Nilai rata – rata pemahaman matematika siswa yang diterapkan metode peer teaching pada saat pre test adalah 38,03 sedangkan pada saat pos test adalah 72,71 dengan N-Gain sebesar 58,97. Respon siswa terhadap metode student facilitator and explaining dengan metode peer teaching yaitu 73%. Berdasarkan hasil perhitungan uji Mann Whitney (uji non parametric), hasil Asymp.Sig.(2-tailed) 0,091. Karena nilai Sig 0,091 > 0,05 maka hasil ujinya Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan pemahaman matematika siswa antara yang menerapkan metode student facilitator and explaining  dengan yang menerapkan metode peer teaching.  Kata kunci : Student Facilitator an Explaining, Peer Teaching, dan Pemahaman

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

eduma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDUMA scientific journal is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Mathematics Education. Firstly published in 2009 and has been listed on PDII LIPI on May 10, 2012. Based on decree number 21/E/KPT/2018, EDUMA was has been accredited by ...