AWLADY Jurnal Pendidikan Anak
Vol 2, No 1 (2016)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA

Syarif, Muhammad Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainan tradisional Jawa dan mengetahui peningkatan keterampilan motorik kasar kelompok B di TK Al-Islah melalui permainan tradisional Jawa. Keterampilan motorik kasar yang akan dinilai adalah aspek gerak lokomotor meliputi berlari dan berjalan, aspek gerak nonlokomotor meliputi berdiri, memegang dan membungkuk, serta aspek gerak manipulatif meliputi menangkap dan menggelindingkan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis dan Taggart dengan dua siklus yang terdiri dari 16 pertemuan. Siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum penelitian dilakukan, diadakan penelitian pratindakan untuk mengetahui hasil prosentase keterampilan awal motorik kasar. Data yang diperoleh dari penelitian pratindakan, siklus I, siklus II. Hasil akhir dari penelitian memaparkan bahwa keterampilan motorik kasar anak kelompok B meningkat, yaitu mulai pratindakan memperoleh 25%, permainan kucing dan tikus siklus I sebesar 58,33% dan permainan roda gelinding, siklus I sebesar 50% dan pada kedua permainan siklus II mencapai 100%.Implikasi dari penelitian ini adalah melalui permainan tradisional Jawa, dapat menjadikan belajar keterampilan motorik menjadi lebih mudah dan menyenangkan serta menjadi alternatif guru untuk mengajarkan keterampilan motorik kasar anak. Kata kunci : keterampilan motorik kasar, permainan tradisional Jawa dan penelitian tindakan kelas 

Copyrights © 2016