JIP: Jurnal Ilmiah PGMI
Vol 1 No 2 (2015): JIP (Jurnal Ilmiah PGMI)

PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG

Fitria Istiqoma (UIN Raden Fatah Palembang)
Amir Rusdi (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2016

Abstract

 Penelitian eksperimen ini dilakukan di MI Muhajirin Palembang, Pembelajaran Matematika materi pecahan dengan metode pembelajaran yang dapat membiasakan siswa dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa kelas III sebelum dan sesudah dengan menerapkan metode problem solving pada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas III di MI Muhajirin Palembang, lalu apakah terdapat pengaruh dalam menerapkan metode problem solvingpada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas III di MI Muhajirin Palembang.Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan penelitian eksperimen Pre-experimental design (non design) bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa semester genap MI Muhajirin Palembang yang berjumlah 186 Siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas III yang berjumlah 22 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus test t.Hasil analisis data dapat diinterpretasikan bahwa hasil belajar siswa pada posttest mengalami peningkatan skor mean jika dibandingkan dengan pretest yaitu yaitu 49 (pretest) meningkat menjadi 86,93 (posttest). Kemudian setelah dilakukan hipotesis dengan rumus uji t maka, ternyata didapat to= -15,47 tanda (minus) disini bukanlah tanda aljabar, karena itu dengan to sebesar -15,47 itu dapat dibaca ada selisih derajat perbedaan sebesar 15,47 dengan df  sebesar 21 itu diperoleh besarnya t yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts5% = 2,08 dan tt.ts1% = 2,83) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pada tt yaitu: (2,08< -15,39 > 2,83 ). Jadi, karena t0 lebih besar daripada tt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa ada pengaruh penerapan metode problem solving terhadap  hasil belajar siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini fokus dalam kajian hasil penelitian pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, kemudian jurnal ini juga menerima artikel kajian/analisis yang berkaitan dengan anak madrasah ibtidaiyah atau sekolah ...