Visionist
Vol 2, No 1 (2013): Maret

Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Biaya Pendidikan dan Motivasi Belajar

M. Juhri AM (Universitas Muhammadyah Metro)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2013

Abstract

School Operational Aid (BOS) Program is one of programs that implemented by Indonesia government to help citizen in education sector especially to free the education cost. This program aims to improve student performance and motivation especially in elementary school. The objectives of this research are (1) to analyze the correlation between the utilization of education cost and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung, (2) to analyze the correlation between student motivation and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung, and (3) to analyze simultaneously the influence of education cost utilization and student motivation to student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung. Data analyzing in this research use correlation and multiple linear regression methods. The result of this research shows that the correlation between the utilization of education cost and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung is positive with correlation coefficient 0.293. The correlation between student motivation and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung is positive with correlation coefficient 0.673. The influence of education cost utilization and student motivation to student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung is simultaneously significant which determination coefficient is 0.712.Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalah salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat agar dapat terus dapat memperoleh pendidikan dengan membebaskan biaya pendidikan pada jenjang pendidikan dasar. Dengan adanya program ini diharapkan siswa semakin berprestasi dan termotivasi dalam melakukan proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan pemanfaatan biaya pendidikan dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung; (2) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung; dan (3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemanfaatan biaya pendidikan dan motivasi belajar secara simultan (bersama-sama) dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pemanfaatan biaya pendidikan dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung adalah positif yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,293 adalah nyata atau signifikan. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung adalah positif dan nyata dengan koefisien korelasi sebesar 0,673. Secara simultan (bersama-sama) pengaruh Variabel Pemanfaatan Biaya Pendidikan (X1) dan Variabel Motivasi Belajar Siswa (X2) dengan Prestasi Belajar Siswa (Y) adalah signifikan dengan nilai R = 0,712 atau mempunyai hubungan yang tinggi. 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jmv

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

VISIONIST: Jurnal Manajemen, menyajikan artikel yang merupakan hasil refleksi, penelitian atau kajian analitis terhadap berbagai fenomena manajemen yang belum pernah dipublikasikan di media ...