KOM & REALITAS SOSIAL
Vol 12, No 12 (2016): April

Pergeseran Pemanfaatan Instagram sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle)

Noning Verawati (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

Penelitian berjudul Pergeseran Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle) didorong oleh perkembangan media sosial, terutama Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemanfaatan pergeseran dari Instagram sebagai media online bisnis, faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pergeseran Instagram dengan mengamati obyek penelitian yakni akun Schonehazzle untuk mengetahui apakah sebagian besar konsumen yang melakukan transaksi berasal dari pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan dengan wawancara, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan agenda mendorong proses pemanfaatan pergeseran pada Instagram sebagai media bisnis online, Instagram yang dinilai sebagai pendorong yang canggih dan modern untuk menarik para pengguna melakukan pembelian pada produk yang dijual. Ada 3 faktor yang memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan Instagram sebagai media online bisnis, yang perkembangan tren, pasar terkini, dan fitur unik.

Copyrights © 2016