Setiap guru pasti memiliki sistem dan kriteria untuk menentukan ranking peringkat anak didiknya. Umumnya, gurumenerapkan sistem nilai yang statik untuk mempermudah proses perhitungan dan operasional. Seiring perkembanganteknologi informasi, banyak alternatif model penilaian dimunculkan. Scooring determine yang berbasis teknologi informasi(computerized) diharapkan dapat mengurangi keterlibatan sisi guru/user dalam penentuan peringkat ranking kelas, sehinggadimunculkan penilaian yang lebih fair, tidak bersifat subjektif dan berdasar perhitungan riil (dari sisi user). Model penilaian inidapat memberikan motivasi bagi peserta didik dalam pembelajaran dan nilai tambah di sisi routine institusi pendidikan dengansistem pendukung keputusan yang benar-benar digunakan sebagai Decision Making Tool. Dalam pembuatan sistem ini dipakaialgoritma berdasarkan Multi Criteria Decision Making (MCDA) PROMETHE, sehingga dihasilkan perhitungan aritmatik.Perhitungan aritmatik tersebut akan ditampilkan dalam bentuk persentase (%) yang nantinya akan dapat dilihat dalam bentukgrafik.
Copyrights © 2015