EMPATI
Vol 1, No 1/oktober (2014): EMPATI

PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS 1C SLB B, C-AUTIS SENDANG MULYO PEDURUNGAN

hartini, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2015

Abstract

Abstrak : Peningkatan Kemampuan Operasi Penjumlahan Melalui Media Kartu Bilangan pada Anak Tunagrahita Kelas 1C SLB B, C-Autis Sendang Mulyo Pedurungan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita kelas 1C SLB B, C-Autis Sendang Mulyo Pedurungan Semarang dengan media kartu bilangan. Penelitian ini berbentuk Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Subyek yang memperoleh perlakuan adalah siswa tunagrahita kelas 1C SLB B, C-Autis Sendang Mulyo Pedurungan Semarang yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes yang diterapkan dalam siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kritis yaitu kegiatan untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif yang ditampilkan melalui table dan grafik yang diinterpretasikan dengan deskriptif kualitatif serta membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus I perolehan kemampuan menggunakan kartu bilangan sebanyak 6 siswa dari 8 siswa atau sebesar 75% dan ketuntasan hasil belajar sebanyak 5 siswa dari 8 siswa atau sebesar 62,5%. Hasil tindakan siklus II ditemukan adanya peningkatan dengan perolehan kemampuan menggunakan kartu bilangan sebanyak 100% dan ketuntasan hasil belajar sebanyak 7 dari 8 siswa atau sebesar 87,5%. Keberhasilan tindakan berdasarkan indikator ketercapaian terjadi pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan kartu bilangan berhasil meningkatkan kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita kelas IC SLB B, C-Autis Sendang Mulyo Pedurungan Semarang. Kata Kunci : Kemampuan Operasi Penjumlahan Melalui Media Kartu Bilangan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...