Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 1, No 1/april (2010): JP2F

ANALISIS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN INKLUSIF RAMAH PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS1)

Nyoman Murniati, Ngurah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Sekolah yang ramah terhadap anak merupakan sekolah di manasemua anak memiliki hak untuk belajar mengembangkan semuapotensi yang dimilikinya seoptimal mungkin di dalam lingkunganyang nyaman dan terbuka. Menjadi “ramah” apabila keterlibatandan partisipasi semua pihak dalam pembelajaran tercipta secaraalami dengan baik. Sekolah bukan hanya tempat untuk anakbelajar, tapi guru pun juga ikut belajar dari keberagaman anakdidiknya. Lingkungan pembelajaran yang ramah berarti ramahkepada anak dan guru, artinya: Anak dan guru belajar bersamasebagai suatu komunitas belajar; Menempatkan anak sebagaipusat pembelajaran; Mendorong partisipasi aktif anak dalambelajar; dan Guru memiliki minat untuk memberikan layananpendidikan yang terbaik. Realita yang ada pembelajaran menjadikurang bermakna terlebih kebijakan pemerintah akhir – akhir inimenyatakan bahwa pelajaran IPA termasuk pelajaran yang diujinasionalkan. Sehingga perlu dibutuhkan pembelajaran yang baikyang dapat memudahkan pemahaman siswa. Tingkat pemahamanrendah, pembelajaran kurang bermakna dan hasil belajar rendahbiasa menghiasi pembelajaran IPA. Guru perlu mengelola danmengembangkan kemampuannya dalam meningkatkanpemahaman dan ketrampilan berpikir siswa. Sebagai bentukrefleksi dan perbaikan pembelajaran dalam rangka meningkatkankebermaknaan belajar siswa, guru dapat melakukan penelitiantindakan kelas.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...