PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 1, No 1 (2011)

Tipologi Nekrokultural pada Gambar Mahasiswa S 1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) IKIP PGRI Semarang Angkatan Tahun 2009/2010 Melalui Analisis Tekstual

M.Kristanto, M.Kristanto ( PAUD IKIP PGRI SEMARANG)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2012

Abstract

Gambar yang dihasilkan oleh Mahasiswa PAUD IKIP  PGRI Semarang angkatan tahun 2009/2010 memiliki  kesamaan-kesamaan  atau gejala nekrokultural antara karya satu dengan karya lainnya, baik secara komposisi maupun objek yang divisualisasikan. Penyebabnya adalah ketidakmampuan mahasiswa  berpikir dalam  poros paradigmatik atau asosiatif. Atas dasar tersebut, penelitian ini membuktikan serta memetakan tipologis nekrokultural pada gambar. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi karakteristik  bentuk tipologis  nekrokultural pada karya  gambar mahasiswa angkatan 2009/2010. Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis tekstual. Teknik pengambilan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan terhadap struktur elemen rupa dengan menggunakan analisis isi sebagai tahapan heuristik dan analisis tema sebagai tahapan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa  70 gambar yang dihasilkan  mahasiswa  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) angkatan tahun 2009/2010 secara paradigmatik dan sintagmatik terdapat tiga kategori. Kategori A, gambar bersifat  monoton dan kurang baik, berjumlah 69 %.   Kategori B, gambar bersifat  sedang,  berjumlah 29 %. Kategori C, gambar bersifat baik, berjumlah 11 %.  Berdasarkan kategorisasi tersebut, maka hanya 11 % saja yang sudah menunjukan tingkat kreativitas secara baik yaitu pada kategori C.  Atas dasar itulah maka saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa sebagai calon Guru TK perlu lebih mengembangkan gambar secara lebih kreatif sebagai bekal pengalaman estetik khususnya dalam peningkatan aspek paradigmatik dan sintagmatik. Penelitian lebih lanjut perlu segera dilakukan untuk dapat mengetahui penyebabnya atau faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kata kunci: sintagmatik, paradigmatik, gambar, penanda, dan petanda

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...