AKSIOMA
Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MATIKLOPEDIA BERBASIS CHARACTER BUILDING DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KEDUNGSAPU

Rachmiazasi, Lusi ( Pendidikan Matematika FKIP UPBJJ UT Semarang)
Masduki, Masduki ( Pendidikan Matematika FKIP UPBJJ UT Semarang)
Surtini, Sri ( Pendidikan Matematika FKIP UPBJJ UT Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2015

Abstract

Penelitian tahunkedua ini bertujuan untuk mengembangkan medial pembelajaran Character Building melalui Matiklopedia bagi siswa  SD di wilayah kedungsapur yang ditinjau dari keefektifannya melalui  tes. Teori Pengembangan yang digunakan adalah plomp (1997) sebagai dasar dalah melaksanakan tahapa penelitian. Tahapan penelitian tersebut meliputi: (1) penelitian awal (fase preliminary investigation), (2) perancangan ( fase design), (3) realisaasi/konstruksi (fase realization/construction), (4) tes, evaluasi dan revisi, (fase tes, evaluation & revition) dan (5) implementasi (fase implementation).  Khusus tahunkedua ini diakukan postest di  10 sekolah pada wilayah kewdungsapur Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner .analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengacu kepada pendapat Miles dan Huberman (1992), yang membagi tiga alur kegiatan analisis, dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara data dengan kriteria-kriteria, yaitu efektif. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan matiklopedia SD di wilayah  10 (sepuluh) sekolah dasar di 5(lima) kabupaten wilayah kedungsapur meliputi kabupaten grobogan, kabupaten demak, kabupaten kenpada materi satuan volume dan debit air, kabupaten semarang dan kota salatiga diperoleh prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu berasal dari sekolah Negeri dan kelas kontrol berasal dari sekolah Swasta dengan menggunakan uji-t pihak kanan, yaitu didapatkan thitung sebesar 2,15 dan ttabel sebesar 1,86 sehingga setelah dibandingkan antara thitung dan ttabel maka  thitung > ttabel yaitu 2,15 > 1,86, maka Ho ditolak artinya pembelajaran dengan menggunakan media Matiklopedia Berbasis Pendidikan Karakter lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.   Kata Kunci: Media Matiklopedia, Character Building, Matematika SD

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...