Jurnal Zarah
Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Zarah

Penentuan Kadar Vitamin C Dan Kadar Serat Kasar Yang Terkandung Dalam Buah-Buahan: Belimbing (Averhoa Carambola), Mangga (Mangifera Indica), Nanas (Ananas Comosus), Dan Pepaya (Carica Papaya)

Khoirunnisa, Fitriah (Unknown)
Majid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2016

Abstract

Penelitian tentang Penentuan Kadar Vitamin C dan Kadar Serat Kasar yang Terkandung dalam Buah-Buahan di antaranya Belimbing (Averhoa carambola), Mangga (Mangifera indica), Nanas (Ananas comosus), dan Pepaya (Carica papaya) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kadar vitamin C dan kadar serat kasar dalam buah-buahan, yaitu belimbing, mangga, nanas, dan pepaya. Buah-buahan yang masih segar kemudian langsung disiapkan untuk segera dianalisa. Analisa kadar vitamin C dengan menggunakan metode titrimetri iodimetri, sedangkan analisa kadar serat kasar dengan menggunakan metode gravimetri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C pada buah belimbing, mangga, nanas, dan pepaya berturut-turut adalah 1,62 mg/g, 0,36 mg/g, 0,12 mg/g, dan 6,77 mg/g, serta kadar serat kasar buah belimbing, mangga, nanas, dan pepaya berturut-turut adalah 1,00%; 2,37%; 2,40%; dan 1,60%.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

zarah

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu ...