JOIN (Jurnal Online Informatika)
Vol 1 No 1 (2016)

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Dengan Implementasi Algoritma Linear Congruential Generator Dan Fuzzy Berbasis Android

Ganteng Eki Pribadi (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Undang Syaripudin (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Wisnu Uriawan (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Bahasa merupakan media komunikasi yang penting bagi manusia. Salah satunya bahasa Sunda yang merupakan salah satu bahasa Ibu untuk sebagian orang di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat dan Banten. Seiring perkembangan zaman hanya 40% anak di daerah Jawa Barat dan sekitarnya yang mampu dan paham berbahasa Sunda, jika dibiarkan terus terjadi maka Suku Sunda akan kehilangan identitasnya. Seiring dengan perkembangan zaman android merupakan kebutuhan bagi manusia, karena hal tersebut android bisa dijadikan media pembelajaran. Dengan bantuan media android untuk pembelajaran bahasa Sunda diharapkan dapat membantu anak-anak meningkatkan hafalan kosakata bahasa Sunda. Penilaian menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran, metode Fuzzy dapat membantu penilaian di dalam sistem pembelajaran ini serta algoritma Linear Congruential Generator dapat membantu dalam proses pengacakan soal yang ada pada sistem pembelajaran ini.Kata Kunci: Augmented Reality, buku, wudhu, Android.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JOIN (Jurnal Online Informatika) is a scientific journal published by the Department of Informatics UIN Sunan Gunung Djati Bandung. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics. JOIN (Jurnal Online Informatika) is published ...