Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadappsikomotor siswa antara yang menggunakan model permainan sepakbola Stop Passing, yangmenggunakan model permainan sepakbola Eko’s dan yang menggunakan model permainan sepakbolaTiang tunggal pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metodepenelitian eksperimen One Group Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik totalsampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa tesketerampilan sepakbola dan analisis data menggunakan uji anova satu jalur. Hasil penelitianmenunjukan bahwa dari hasil akhir psikomotor siswa setelah diberikan perlakuan berupa modelpermainan sepakbola Stop Passing, model permainan sepakbola Eko’s, dan model permainansepakbola Tiang tunggal berada pada tingkat kategori cukup dengan rata-rata skor 50.00. Dari hasilperhitungan uji anova, nilai F hitung sebesar 0,260 yang lebih besar dari taraf signifikansi 5% (>0,05)berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil psikomotor siswa antara yangmenggunakan model permainan sepakbola Eko’s, yang menggunakan model permainan sepakbola StopPassing dan yang menggunakan model permainan sepakbola Tiang tunggal.Kata kunci: Perbandingan, Model, Stop Passing, Eko’s Tiang Tunggal, Psikomotor
Copyrights © 2017