Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional Matematik dan Pendidikan Matematika 2017

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sari, Ayu Devita (Unknown)
Noer, Sri Hastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2017

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari karena keberadaannya dapat membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peran dan tugas pendidik  dalam rangka memaksimalkan kesempatan belajar siswa adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal tersebut dilakukan agar siswa bisa menyelesaikan permasalahan didalam kehidupannya. Untuk itu, pendidik dalam prosesnya perlu mempertimbangkan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mencapai kemampuan tersebut, yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving  (CPS). Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreatifitas. Noller (Isaksen, Dorval, & Treffinger, 2011: 26) mengemukakan bahwa “Creative Problem Solving or CPS is a process, a method, a system for approaching a problem in a imaginatif way resulting in effective action”. Hal ini berarti bahwa CPS adalah sebuah proses, sebuah metode, sebuah sistem pendekatan masalah dengan cara yang imajinatif untuk menghasilkan solusi melalui tindakan yang efektif. Untuk lebih lanjut, artikel ini akan mengkaji apa itu Creative Problem Solving  (CPS) dan hubungannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2017