KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMPN 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Monica, Mega Aria (Unknown)
Susanti, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik mengalami masalah kemampuan interaksi sosia rendah yakni peserta didik mengalami perkelahian, egois sentrisme, memilih teman dalam bergaul dan masih banyak lagi, peran bimbingan dan konseling adalah membantu peserta didik untuk bisa mengembangkan interaksi sosialnya secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah bimbingan klasikal menggunakan media audio-visual efektif dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMPN 26 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah quasi eksprimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equaivalent Control Group Design. Subyek diobservasi dua kali (pretest dan post-test). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan sosiometri, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terdiri dari kelas VIII E dan VIII H SMPN 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki interaksi sosial sedang dan rendah. Hasil perhitungan rata-rata skor interaksi sosial kelompok eksprimen sebelum mengikuti layanan bimbingan klasikal menggunakan media audio-visual adalah 50,17 dan setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal menggunakan media audio-visual meningkat menjadi 84,13. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 54,58 dan pada saat posttest mendapatkan peningkatan menjadi 63,5. Dari hasil uji-t dengan df = 58 taraf signifikan 0,05 sebesar 2,000, dan diperoleh  = 28,358. Karena > (28,358≥2,000). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi bimbingan klasikal menggunakan media audio-visual untuk mengembangkan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMPN 26 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 diterima.Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Media Audio-Visual, Interaksi Sosial

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

konseli

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

KONSELI is a journal published by the Tarbiyah Faculty, Raden Intan State Islamic University of Lampung, INDONESIA. KONSELI published twice a year. KONSELI receives articles about The Counseling Education, Guidance and Counseling and Psychology. It is intended to communicate original research and ...