Lembaran Ilmu Kependidikan
Vol 46, No 1 (2017): Lembaran Ilmu Kependidikan: April 2017

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE SEKOLAH DASAR

Marta, Rusdial ( universitas pahlawan tuanku tambusai)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD negeri 009 Langgini pada mata pelajaran IPS dengan materi peninggalan sejarah. Hasil observasi awal menunjukan bahwa 36% (13 orang siswa) yang mencapai KKM 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Word Square. Jenis penelian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 69.72 dan siswa yang tuntas hanyak 20 orang siswa dengan persentase sebesar 56%, kemudian pada siklus II rata-rata sebesar 73.06 dan siswa yang tuntas hanyak 25 orang siswa dengan persentase sebesar 69%. Pada siklus III rata-rata sebesar 74.44 dan siswa yang tuntas hanyak 27 orang siswa dengan persentase sebesar 75%. 

Copyrights © 2017