Journal of Biology Education
Vol 4 No 3 (2015)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SMEDIG MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TINGKAT SMA

Chasanah, Siti Nur (Unknown)
Mustikaningtyas, Dewi (Unknown)
Nugrahaningsih, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Materi sistem reproduksi manusia memiliki karakteristik dengan banyaknya proses yang panjang. Observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA N 1 Kendal, SMA N 2 Kendal dan SMA Pondok Modern Selamat menunjukkan bahwa buku yang menjadi sumber belajar belum dapat menjelaskan proses panjang tersebut. Pembelajaran web-browsing yang dilakukan guru beresiko terhadap penyalahgunaan akses yang mengarah pada pornografi. Sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai tapi belum termanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia yang layak dan efektif pada materi sistem reproduksi. Multimedia yang dikembangkan adalah Science Multimedia Inquiry and Game (SMEDIG). Multimedia SMEDIG mengadaptasi sintaks pembelajaran guided inquiry dan dikombinasikan dengan education game. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Uji coba produk dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kendal. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia SMEDIG yang layak dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh tercapainya indikator kelayakan dan keefektifan multimedia SMEDIG. Persentase aktivitas klasikal peserta didik mencapai 83,75% dengan kriteria sangat aktif dan rata-rata ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 95,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia SMEDIG yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran Human reproductive system has many characteristics with length process. Observations and interviews at SMA N 1 Kendal, SMAN 2 Kendal and SMA Pondok Modern Selamat showed  that books became learning sources have not been able to illustrate such a long process. Web-browsing learning system was risky of unauthorized access that lead to pornography. The school has adequate facilities and infrastructure but has not been utilized optimally. This study aimed to develop a feasible and effective multimedia of human reproduktive systems. Multimedia that is developed is a multimedia was Science Multimedia Inquiry and Game (SMEDIG).  SMEDIG adapts the syntax of guided inquiry learning and combined with education games. The product was tested at SMAN 2 Kendal. This research used Research and Development method. This study provides a product of learning media in the form of multimedia SMEDIG which is feasible and effective to be applied in learning process. This was proven by the achievement indicators of the feasibility and the effectiveness of multimedia SMEDIG. The percentage of learners’ classical activity reached 83.75% with criteria very active and the average of classical completeness learning outcomes of students reached 95.6%, it be concluded that multimedia SMEDIG which develop feasible and effective to be applied in learning process.  

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujbe

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Journal of Biology Education [e-ISSN 2540-833X | p-ISSN 2252-6579 | DOI 10.15294/jbe | DOAJ toc/2252-6579 | Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang] publishes research articles and conceptual analysis of philosophy, education theory, biology ...